Rabu, 25 Januari 2012

DOING MEDITATION

Aku melihat ada banyak pepohonan dengan semak berupa bunga nan harum, aku berjalan terus menyusuri semak dan pepohonan itu, tidak lama kulitku merasakan hawa dingin dan sejuk, ternyata aku disuguhkan dengan pemandangan air terjun dihadapanku. Aku duduk di bebatuan di sungai jernih yang dangkal, sembari kakiku bermain air. Aku merentangkan kedua tanganku, lalu menarik nafas dalaaam sekali melalui hidung, udara yang masuk terasa hingga ke rongga-rongga kerongkonganku, aku menahan nafas sejenak merasakan sejuknya alam yang ikut menyejukkan organ tubuhku dari ujung kaki hingga sela-sela otakku. Aku hembuskan nafas perlahan melalui mulut, segala yang membebani otakku, rasa kesal, rasa marah, ketidakpuasan yang ada dihati, penat dan kelelahan  hidup ikut hilang bersama hembusan nafasku. Fyuuuhh. Aku melihat sekeliling, kuperhatikan sekali lagi setiap detail tempat ini. tempat ini milikku, aku akan ke tempat ini kapanpun aku mau.
Tempat indah seperti itu aku ciptakan sendiri di alam meditasiku. Aku kondisikan dengan duduk tegak, otot yang rileks dan mata terpejam. Sepuluh hingga dua puluh menit aku membayangkan dan mensugesti diri dengan hal-hal yang menenangkan. Kadang, aku membayangkan juga menjadi seorang bayi yang tidur dengan dibalut selimut lembut dan hangat. Sebagai manusia kecil, seorang bayi tidak memikirkan banyak hal yang memusingkan seperti manusia dewasa. 
Insomnia atau susah tidur kerap kali aku alami jika sudah mengalami banyak masalah. Penasaran terhadap sesuatu, panic, bahkan kalau sudah menginginkan sesuatu dan belum tercapai aku kerap kali tidak bisa tidur. Pernah aku ingin merubah posisi interior kamar, akhirnya tengah malam aku menggeser lemari. Hahaha, aneh memang. Atau jangan-jangan banyak orang yang mengalami hal seperti aku juga? Aku mengikuti berbagai tips tidur lebih nyenyak dengan tidur disisi kiri, tetapi keberhasilannya baru terasa setelah mungkin sekitar sepuluh kali mencoba. Hahaha. 
Setelah mencoba meditasi problem insomniaku bisa terbantu. Dan bukan hanya itu, meditasi juga membuatku lebih tenang dalam menghadapi situasi, control emosi bahkan ketidaknyamanan. Aku melakukan meditasi sendiri (auto relaxation). Aku benar-benar rileks dengan melakukan rileksasi dalam sebelum tidur. Dengan posisi terlentang, melemaskan seluruh otot lalu mensugesti bahwa tubuh mengisi energy positif untuk membersihkan setiap jengkal bagian tubuh dari segala penyakit, capek, dan letih. Membersihkan pikiran dari pikiran negative dan membelenggu. Membersihkan jiwa dari perasaan yang tidak enak, dari perasaaan yang menghimpit nafas dan jiwa. Biasanya aku sudah tertidur pulas sebelum meditasi selesai. :)

Ingin rasanya pergi ke suatu tempat yang hening dan tenang. (Bukan perisitirahatan terakhir ya, aku masih belum cukup bekal menuju kesana ). Pernah terlintas, apa ke Tibet aja ya… Hihihi, jauuh gillaa. Ke gunung, atau pantai pasir putih yang sepi, jadi seolah – olah itu tempat milik pribadi, makin sempurna jika ditemani someone special (ngarep, mode on).  Selama ini aku hanya membayangkan perfect place seperti itu  di alam meditasiku saja. Kalaupun ke pantai atau ke gunung, kepentinganku hanya berwisata raga saja. Want to doing some yoga asanas and meditation . Kapan ya? :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar