Senin, 20 Februari 2012

JUJUR (AJUR?)


Sehabis melalap buku tebal berjudul Sex After Dugem, semangat menulis saya terpantik untuk menulis (ada yang aneh, semangat menulis untuk menulis? Hehehe, ya gitulah maksudnya). Sumpah, ini buku ringan banget isinya, bukunya mah tetep berat, tebel sih. Hehehe. Penulisnya seorang copywriter, creative director perusahaan periklanan gitu. Saya gak familiar, apa saya aja ya yang kurang info, katanya sih profilnya pernah dimuat di Kompas tahun 1999 (baru inget, tahun segitu saya masih ababil).  Budiman Hakim panggilannya Om Bud.  Kalo dilihat dari gaya tulisan, orangnya kocak kayanya. 

Judulnya ‘serem’ banget nih buku, provokatif, selama baca aja suka saya biarin kebuka bukunya biar tulisan judul buku gak kebaca sama kakak saya (Hahaha, dasar saya bandel).  Dan cover gambarnya itu lho, ampun deh, kalo itu bener gambar si penulisnya, wah emang cocok tuh orang dapet predikat gokil, gendheng, kreatif, nyeleneh lah. 

Disitu si penulisnya nyeritain hal-hal yang pernah ada dihidupnya. Ada masa SMA ada kuliah, kerjaan, temen-temen kantor, nembak cewek, sampe marah-marahin orang semuanya dibeberin. Tuh penulis pake bahasa koboi (asal jangan bahasa binatang aja ya Om Bud, hihihi) jadi bacanya juga enak, berasa kayak denger cerita langsung. Kelihatan natural sekali dan gak dibuat-buat. Gamblang telanjang (ada ya? Kalo gamblang semarang, gamblang suling apa nasi gamblang tuh terkenal banget, hehehe). Ancur. Jujur ajur. 

Kali itu ya yang bikin orang-orang bisa jadi penulis beneran yang sampe jadi buku. Jujur. Disitu Om Bud, si penulisnya luwes banget mindahin cerita ke tulisanya itu. Dari yang dia nyimeng (ngisep ganja),  trus ceritain temennya yang namanya Anton dan pengalaman seksnya yang wow. Jadi udah kaya orang cerita, curhat gitu. ringan banget deh, gak perlu mikir bacanya. Sungguh berani, saya suka.

Saking menariknya nih buku, saya sampe diskusiin sama temen yang lagi smsan gangguin saya baca. Saya bilang lagi baca buku bagus banget, temen saya itu penasaran minta diceritain singkatnya gimana. Ya gak bisa lah, orang isi ceritanya beda semua, lagian berapa kaakter kalo saya tulis di sms, cari aja bukunya trus baca ndiri.  Hehehe. Karena maksa terus, akhirnya saya ceritain yang kisah si Anton. Dari situ malah obrolannya jadi ngelantur kemana-mana, sampe Angie yang katanya sempet menggugat cerai Adjie Massaid (alm) juga dibawa-bawa. Walah!

Kalo saya mau nulis (baru mau nulis lho, belom jadi tulisan) masih suka aras-arasen (ragu-ragu), padahal baru dikonsumsi sendiri, belom jadi buku beneran aja saya udah jiper duluan. Nulis tentang diri sendiri aja masih banyak yang suka saya sensor sana sini, bukan cuma itu, saya lebih banyak gak mau ngakunya daripada jujur ke diri sendiri. Gimana kalo cerita pengalaman saya dengan si A, B, C saya tulis, jangan-jangan mereka keberatan karena kisahnya yang diceritakan ke saya saya pindahin ke tulisan. Padahal waktu curhat ke saya kan mereka bilang, jangan bilang siapa-siapa ya? (setengah ngancem) Eh, malah saya jadiin tulisan. Harusnya kan gak apa-apa ya? Saya kan gak ceritain ke orang-orang, saya cuma tulis aja. Hahaha… So, haruskah rasa pekewuh (gak enak sama orang) menghambat kreatifitas kita? Saya mesti nanya ke siapa ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar